Berita

Terbitkan Surat Edaran, Kepala Desa Truko Perkuat Pengamanan dan Perlindungan Anak

Truko  Kepala Desa Truko, Ary Kusumayanto menerbitkan surat edaran (SE) yang ditujukan kepada para Ketua RT/RW dan TP PKK Desa Truko. Kepala Desa Truko meminta kepada para Ketua RT/RW dan TP PKK Desa Truko agar memberikan dukungan maksimal untuk melindungi dan menciptakan lingkungan yang aman bagi anak-anak.

Pada SE Nomor : 400.2/33/DS.TRUKO tentang Perlindungan Anak. Kepala Desa Truko mengingatkan adanya peningkatan kekerasan terhadap anak. Untuk itu diperlukan upaya yang terarah, terpadu, sistematis dan berkelanjutan dalam pencegahan, penanganan dan pendampingan terhadap anak.

Menurutnya, anak telah mengalami tindak kekerasan, eksploitasi, penelantaran dan diskriminasi. “SE ini dimaksudkan mengajak seluruh lapisan Masyarakat Desa Truko untuk melakukan pencegahan, memberikan perlindungan, dan memastikan anak mendapatkan lingkungan yang aman,” kata Ary (20-06-2024).

Dalam SE ini, Kepala Desa Truko meminta pemda agar seluruh lapisan masyarakat  Desa Truko memberikan pengamanan dan perlindungan dari lingkungan yang rentan untuk terjadinya tindak kekerasan, eksploitasi, penelantaran dan diskriminasi.

SE ini juga meminta masyarakat untuk mengidentifikasi dan melaksanakan upaya perlindungan dan pengamanan kepada anak serta melakukan pencegahan, penanganan, dan pendampingan terhadap anak.

Pencegahan meliputi pengasuhan; upaya pencegahan berfokus pada anak, orangtua dan komunitas; kampanye sosial; dan penegakan hukum. Penanganan dilakukan dengan pelaporan, asesmen dan penanganan komprehensif; penegakan hukum; pelibatan berbagai disiplin ilmu; dan pelibatan  stakeholders . 

 

NN

Share :

Cuaca Hari Ini

Minggu, 21 Juli 2024 18:18
Sedikit Berawan
29° C 26° C
Kelembapan. 70
Angin. 1.39