PPID


RKP Desa Tahun 2024


Download File Lampiran

Pengajuan Keberatan Permohonan Informasi Publik

Pengajuan Keberatan Atas Permohonan Informasi Publik

Anda bisa mengajukan keberatan atas permohonan informasi publik jika :

  1. Permohonan informasi ditolak tanpa alasan
  2. Informasi berkala tidak disediakan
  3. Permohonan informasi tidak ditanggapi
  4. Permohonan informasi ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta
  5. Permohonan informasi tidak dipenuhi
  6. Biaya yang dikenakan tidak wajar
  7. Informasi disampaikan melebihi jangka waktu yang ditentukan

 


Download File Lampiran

Tata Cara Mendapatkan Informasi

PROSEDUR

  1. Setiap pemohonan Informasi Publik dapat mengajukan permintaan untuk memperoleh Informasi Publik kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi terkait secara tertulis atau tidak tertulis disertai alasan permintaan tersebut.
  2. Permintaan disampaikan secara langsung atau melalui surat elektronik, nomor pendaftaran diberikan saat penerimaan permintaan.
  3. Permintaan disampaikan melalui surat. Pengiriman nomor pendaftaran dapat diberikan bersamaan dengan pengiriman Informasi.

 

MEKANISME

  1. Pemohon Informasi datang ke desk layanan Informasi, mengisi formulir permintaan informasi dengan melampirkan fotokopi KTP Pemohon.
  2. Petugas memberikan tanda bukti penerimaan Informasi Publik berupa nomor pendaftaran pada saat permintaan diterima, dan telah ditandatangani oleh petugas.
  3. Petugas memproses permintaan pemohon Informasi sesuai dengan permintaan Informasi Publik sesuai dengan formulir permintaan Informasi Publik yang telah ditandatangani oleh pemohon Informasi Publik.
  4. Petugas menyerahkan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon/ pengguna informasi. Petugas memberikan Tanda Bukti Penyerahan Informasi Publik kepada pengguna informasi publik dan pengguna menandatanganinya.
  5. Jika informasi yang diminta masuk dalam kategori dikecualikan PPID menyampaikan alasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Profil Desa Truko

Profil Desa Truko


Download File Lampiran

LPPD Akhir Tahun Anggaran 2022

LPPD Akhir Tahun Anggaran 2022


Download File Lampiran

APB Desa Tahun Anggaran 2023

APB Desa Tahun Anggaran 2023


Download File Lampiran

RPJM Desa

RPJM Desa Tahun 2022 - 2028


Download File Lampiran

Profil Aparatur Pemerintah Desa Truko


Download File Lampiran

Struktur Organisasi Pemerintah Desa Truko


Tugas dan Fungsi Aparatur Pemerintah Desa

Tugas dan Fungsi Aparatur Pemerintah Desa


Download File Lampiran

Visi & Misi

Visi-Misi Kepala Desa Truko disamping merupakan Visi-Misi Kepala Desa Terpilih, juga diintegrasikan dengan keinginan bersama masyarakat desa untuk mengatasi permasalahan yang ada dan pengembangan Desa ke depan, dimana proses penyusunannya dilakukan secara partisipatif mulai dari tingkat Dusun/ RW sampai tingkat Desa.

Adapun Visi Kepala Desa Truko sebagai berikut:

TERWUJUDNYA DESA TRUKO YANG LEBIH MAJU, MANDIRI, DAN RELIGIUS MELALUI PEMBANGUNAN PARTISIPATIF DAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK

Misi merupakan tujuan jangka lebih pendek dari visi yang menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi Desa Truko merupakan penjabaran lebih operasional dari visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai visi Desa Truko.

Dalam meraih visi Desa Truko seperti yang sudah dijabarkan diatas dengan mempertimbangkan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi Desa Truko diantaranya:

  1. Mewujudkan dan mengembangkan kegiatan keagamaan untuk menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Membangun dan meningkatkan hasil pertanian dengan jalan penataan pengairan, perbaikan jalan sawah/jalan usaha tani, pola pemupukan, dan tanam yang baik.
  3. Menata Pemerintahan Desa Truko yang kompak dan bertanggung jawab dalam mengemban amanat masyarakat.
  4. Meningkatkan pelayanan masyarakat secara terpadu dan optimal.
  5. Menumbuh Kembangkan Kelompok Tani serta bekerja sama denga HIPPA untuk memfasilitasi kebutuhan Petani.
  6. Menumbuh kembangkan usaha kecil dan menengah.
  7. Membangun dan mendorong majunya bidang pendidikan baik formal maupun nonformal yang mudah diakses dan dinikmati seluruh warga masyarakat tanpa terkecuali yang mampu menghasilkan insan intelektual, inovatif dan relegi .
  8. Membangun dan mendorong usaha-usaha untuk pengembangan dan optimalisasi sektor pertanian, peternakan, dan kewira usahaan.


Kedudukan / Domisili beserta Alamat Lengkap

Kedudukan / Domisili beserta Alamat Lengkap :

Jl. Soekarno Hatta Desa Truko Telp. (0294) 3690229 Kode Pos 51353


DAFTAR INFORMASI DAN DOKUMENTASI PUBLIK (DIDP)

BERIKUT ADALAH DAFTAR INFORMASI DAN DOKUMENTASI PUBLIK (DIDP) TAHUN 2023 SEBAGAIMANA TERLAMPIR DALAM LAMPIRAN


Download File Lampiran

PROFIL PPID

LATAR BELAKANG

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya. Oleh karena itu, hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik. Hak atas Informasi ini menjadi sangat penting, karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan.

Pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pada 30 April 2010 merupakan momentum penting dalam mendorong keterbukaan di Indonesia, khususnya di Pemerintah Desa Truko. Undang-Undang ini telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang untuk memperoleh informasi publik di mana setiap Badan Publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara cepat, akurat, mudah dan berkualitas.

Oleh karena itu, untuk melaksanakan pelayanan informasi maka dibentuklah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang bertanggung jawab memberikan pelayanan informasi yang meliputi proses penyimpanan, pendokumentasian, dan penyediaan pelayanan serta pengumuman informasi publik.

PPID Pemerintah Desa Truko

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Desa Truko merupakan ujung tombak pelayanan informasi di Desa Truko. Tugasnya adalah mengelola dan memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat.

Motto PPID :

Cepat, Akurat, Mudah dan Berkualitas.