Berita

PEMERIKSAAN KINERJA PEMERINTAH DESA OLEH INSPEKTORAT KABUPATEN KENDAL DI DESA TRUKO

TRUKO-Pemerintah Desa Truko mendapat kunjungan dari Inspektorat Kabupaten Kendal. Kunjungan ini merupakan agenda rutin Inspektorat sebagai pelaksanaan salah satu tugas pokok dan Fungsi Inspektorat selaku peninjau kinerja aparatur pemerintahan. “Kunjungan ini selain sebagai silaturahmi juga dalam rangka pemeriksaan rutin Inspektorat Kabupaten Kendal” tegas salah satu Pejabat Inspektorat yang ikut, Bapak Mahfud, S.E.

Nurmukton, Kepala Desa Truko didampingi Perangkat Desa Truko menerima dengan baik pejabat Inspektorat.  Beliau sangat antusias mendengarkan paparan maksud dan tujuan kedatangan Inspektorat tersebut. Kegiatan ini sebagai pembelajaran dan motivasi bagi Pemerintah Desa truko dalam peningkatan kinerja aparatur Desa.

Adapun Tim yang diperintahkan untuk melakukan Review serta Audit di Desa Truko mulai tanggal 21-24 September 2020 yakni  Bapak Bambang Irianto, S.E., M.M sebagai Supervisor; Bapak Mahfud, S.E sebagai Ketua Tim; Bapak Suryanto, S.AP,  Ibu Dina Hapsari SM, S.AP, dan Bapak Arief Setiyono, S.Kom selaku anggota Tim.


Dengan teliti, satu persatu berkas masing-masing Perangkat Desa diperiksa oleh Tim Inspektorat. Tak terkecuali berkas-berkas RPJMDes serta berkas APBDes Desa Truko, juga terkait pencegahan Covid-19 dan Bantuan Sosial yang turun kemasyarakat terkait pandemi Covid-19. Sekali-kali mereka melakukan tanya jawab dengan Perangkat Desa seputar lingkup kerja dan kelengkapan administrasi di bidangnya

Data-data aset desa dan pengelolaan Bumdes, pembangunan sarana dan prasarana desa, sampai administrasi lembaga desa yang ada di Desa Truko pun tidak luput dari pemeriksaan Tim Inspektorat.

Berdasarkan hasil review serta audit oleh Tim Inspektorat pelaksanaan kegiatan tugas dan fungsi Pemerintahan Desa di Desa Truko secara umum telah dilaksanakan dengan baik dan tertib sesuai ketentuan yang berlaku. Tetapi ada beberapa yang perlu dicukupi diantaranya barang/aset bergerak milik Pemerintah Desa Truko yang bekum semuanya di tempel label/sticker dan Tanah Kas Desa Truko yang belum semuanya bersertifikat atas nama Pemerintah Desa Truko.

Adanya kegiatan ini Inspektorat berharap aparatur Desa lebih memahami tupoksi nya. Selain itu peningkatan kinerja dan kerapihan administrasi Desa menjadi sorotan utama maksud dan tujuan kunjungan ini.

(Din)

Share :

Cuaca Hari Ini

Sabtu, 18 Mei 2024 20:02
-273° C -273° C
Kelembapan.
Angin.