Kegiatan

BIMTEK PENGELOLAAN WEBSITE DESA

KENDAL- Tak kurang dari 20 orang administrator pengelola website desa mengikuti bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan website desa yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kendal pada Selasa (20/11). Salah satu administrator pengelola website desa yang mengikuti bimtek tersebut adalah Ahmad A. Riyanto, pengelola website Desa Truko. Bimtek website desa ini dimulai tepat pukul 09.00 WIB bertempat di Laboratorium Diskominfo Kabupaten Kendal dengan Narasumber dari Media Kedaulatan rakyat.

Tak hanya pelatihan, para peserta  bimtek juga diberi pemahaman tentang Sistem Informasi Desa (SID). Sistem Informasi Desa (SID) merupakan fasilitas untuk masyarakat agar bisa mengakses informasi tentang pembangunan Desa, baik pembangunan sarana prasarana maupun pembangunan sumber daya manusia-nya.

Data-data dalam Sistem Informasi Desa (SID) meliputi profil desa, potensi desa, data pembangunan kawasan perdesaan, data jumlah penduduk dan data-data lain yang berkaitan dengan desa. Dengan adanya Sistem Informasi Desa (SID), masyarakat dapat memperoleh hak atas informasi Desa.

Sistem Informasi Desa (SID) juga dapat mengembangkan potensi desa dan menciptakan kemandirian desa, sehingga tercipta sentra ekonomi desa sehingga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat Desa.

Selesai mengikuti bimtek, Ahmad A. Riyanto yang juga menjabat sebagai Sekretaris Desa Truko berharap dengan adanya Sistem Informasi Desa (SID) dapat mempercepat kemandirian desa melalui desa bersuara, desa berteknologi, desa berpelayanan prima, serta desa yang mampu melahirkan regulasi tata kelola pemerintahan yang baik dan berkelanjutan. (Mhfdn)

 

 

Share :

Kegiatan Lain

Cuaca Hari Ini

Sabtu, 18 Mei 2024 19:40
-273° C -273° C
Kelembapan.
Angin.