Berita

Pemerintah Desa Truko Gelar Musrenbangdes Penyusunan RKP Tahun 2022

Pemerintah Desa Truko menggelar Musrenbangdes hari ini, Musrenbangdes dilaksanakan sesuai  jadwal yang di sepakati oleh Tim Kecamatan Kangkung. Selasa (26/01)  bertempat di Gedung Serba Guna Desa Truko.

Tampak hadir dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa, mengundang berbagai komponen dan Kelompok Masyarakat Desa Truko. Hadir BPD Desa Truko, Bidan Desa, Ketua TP PKK, Karangtaruna, Ketua RT dan RW diwilayah Desa Truko, Babinsa/Babinkamtibmas Desa Truko, Ketua LPM, dan Tokoh masyarakat Desa Truko..

Musrenbangdes dibuka langsung oleh Kepala Desa Truko sekaligus mengucapkan Selamat Datang kepada rombongan Forkompimcam yang  dipimpin langsung oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Kangkung, Bapak Nur Laitif, S.Sos.

Adapun yang  dibahas dalam Murenbangdes, yakni rencana kegiatan di tahun 2022 dan yang akan menjadi prioritas, serta evaluasi kegiatan di tahun 2020 yang sudah dan belum terlaksana. Keterbukaan dan transparansi dalam pelaksanaan program Pemerintah Desa  Truko menjadi hal yang wajib demi terwujudnya Desa Truko yang maju dan sejahtera.

Diawal pembukaan Musrenbangdes, Kepala Desa Truko menyampaikan gambaran umum pelaksanaan pembangunan desa, baik yang sudah maupun yang belum terealisasi yang tertuang dalam RPJMDesa pada RKPDesa. Dimana pembangunan Desa di masing-masing sektor masih tertunda akibat terjadinya wabah Covid19. “Pemabangunan Masih di pokuskan di bidang lima dalam pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) terhadap masyarakat yang terdampak dari wabah Covid19 penyebab terpuruknya perekonominan”. Ucap  Nurmukton.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Kangkung yang hadir dalam Musrenbangdes menyampaikan beberapa hal. Dimana beliau menekankan pelaksanaan Murenbangdes hari ini diharapkan bisa menetukan atau mengsulkan apa yang menjadi usulan skala prioritas pembangunan.

 “Kami minta untuk mengemas kegiatan Musrenbangdes ini untuk lebih bermanfaat, mengedepankan Sekala Prioritas Pembangunan secara demokrasi, menyepakati RKPDes 2022 usulan Perioritas sekala Desa, membuat data usulan yang nantinya diusulkan di Musrenbangcam bulan Pembruari 2021”.Ucap Kasi Pemerintahan Kecamatan Kangkung, Nurlatief.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan, dimasa Pandemi Covid19, sudah pasti banyak kegiatan pembangunan yang tertunda. Dimana Dana Desa masih di peruntukan untuk BLT, bantuan langsung tunai terhadap masyarakat yang terdampak Covid19. Maka untuk menyeimbangi pembangunan Desa yang menjadi sekala kewenangan Kabupaten, agar di data dan diusulkan melalui Musrenbangcam sesuai bidangnya.Imbuhnya.

Disisi lain, Kasi Pemerintahan Kecamatan Kangkung berpesan dimasa pandemi Covid19 Pemdes Desa Truko agar tidak henti-hentinya memberikan edukasi ke pada warga, agar selalu mengikuti Protokol Kesehatan.

Akhir Musrenbangdes dilanjutkan dengan rapat pleno yang dipimpin oleh BPD Desa Truko, Nuur Taufik. Kemudian pemaparan usulan skala prioritas hasil pleno oleh Sekretaris Desa Truko, Ahmad Abdul Riyanto  sekaligus menyepakati dari usulan-susulan di masing bidang, baik bidang fisik, bidang ekonomi dan bidang Sosial dan Budaya. Musrenbang Desa berjalan lancar, dengan tetap mengikuti Protokol kesehatan.

Musrenbangdes di akhiri arahan dari Bapak Kanit Reskrim Polsek Kangkung tentang pentingnya meningkatkan keamanan dan kondusivitas masyarakat melalui program siskamling. Kemudian arahan dari Babinsa Desa Truko tentang pentingnya rasa cinta tanah air. (Moh Farid)

Share :